Audio HKBP KrJati

Audio – Gereja KrJati,

Kwalitas Audio HKBP KrJati per/2016 termasuk audio yang dihasilkan masih tergolong tidak bagus, faktor ini disebabkan oleh tidak adanya akustik gereja terpasang. baik di plafon, dinding samping maupun belakang.

Dari segi perangkat pendukung sound tidak bisa di nilai begitu saja, sebelum redaman terpasang menghilangkan karakter yang dominan diruangan masih bergema, misalkan 150Hz – 310Hz masih cenderung memantul pada kondisi ramai dalam bangunan ini.

Tempat ibadah pada umumnya dan khusus di Gereja seperti HKBP masih belum memperhatikan akustik sebenarnya, sekalipun ada beberapa Gereja sudah terlihat memasang penyerap suara (peredam), terbilang masih belum tepat meredam apa yang maksud meredam frekwensi yang semestinya diserap oleh penyerap yang dipasang. sedangkan estetika bukan hal utama sekalipun itu penting.

Penggolongan Penyerap pada ruang ibadah terbagi dua :

  1. Penyerap Frekwensi Total, (Memasang penyerap secara total pada ruang)
  2. Penyerap Frekwensi Tertentu. (Memasang penyerap pada bidang atau titik-titik tertentu sesuai frekwensi yang bergema)

Alat Pendukung Gereja HKBP Kr Jati

8-ohm 3150 watts

  1. Mixer SOUNDCRAFT
  2. Mixer MD-16
  3. EQ DriveRack, EQ 321
  4. Compressing Matrix
  5. Audio Management
  6. Hufer 8″ 10u
  7. Outline Passive 2u
  8. Vinal Passive 4u
  9. Slur 8Track,

Artinya seluruh system ini masih mampu men-covered 30-40 input dengan jemaat maximal 700-750 orang, hanya saja masih belum maximal.


Secara Umum, Kapasitas perangkat tidak serta merta menjadi suatu keberhasilan suatu system audio yang bersifat permanen ini, menjadi berkwalitas jika tidak membenahi ruang pada akustik semestinya.


Ruang yang belum membenahi akustiknya akan lebih baik jika menggunakan system audionya = 16 Ohm. Dimana selain range outputnya pendek otomatis gaung / gema Рfeedback yang dihasilkan juga relatif kecil. Sayangnya system ini tidak banyak dipahami orang bahkan sudah terpinggirkan. Yang memang penataan speaker pada 16 ohm akan membutuhkan speaker  banyak pula pada tiap titik contoh saja harus memasang tiap 2,5 s/d 4 meter per-unit.


tunggu text update – lanjutan…..


hingga pada 2019, Perbaikan Akustik dan Sound System : berjalan baik Juli 2019 sampai pekerjaan November 2019 oleh Panitia Pembangunan 2019 – 2020

“Terimakasih bagi Kemurahan Tuhan akan terlaksannya pembangunan oleh Panitia yang tidak lepas daripada dukugan jemaat dan donatur untuk terlaksananya pembangunan sesuai proker 2018, 2019, Semoga para panitia, jemaat, dan para dermawan (donatur) yang terlibat, di berkati Oleh Tuhan saja.

sperti gambar berikut ;

gereja-hkbp-kramat-jati-2019
gereja hkbp kramat jati 2019