Tata Ibadah Dalam Rangka Memperingati Hari Turunnya Roh Kudus Tahun 2019

PENTAKOSTA

MEMPERINGATI HARI TURUNNYA ROH KUDUS

Rangkaian Ibadah memperingati Hari Turunnya Roh Kudus, dan Topik Minggu dalam memperingati HARI TURUNNYA ROH KUDUS

Topik Minggu : ROH KUDUS YANG MENGHIDUPKAN (Roma 8:9-11) 

MINGGU, 09 Juni 2019 Tata Ibadah Dalam Rangka Memperingati Hari Turunnya Roh Kudus 


  1. PANGGILAN BERIBADAH (L: Liturgis; J: Jemaat)

L         :   Selamat Hari Pentakosta bagi jemaat yang dikasihi Tuhan! Hari ini adalah momen perayaan besar bagi seluruh jemaat Tuhan di dunia ini. Gereja berdiri di dunia oleh karya Roh Kudus yang memanggil, mempersatukan dan meneguhkan persekutuan orang-orang yang percaya kepada Tuhan, itulah yang dinamakan Gereja.

J          :   TERPUJILAH TUHAN YANG MENCURAHKAN ROH KUDUS BAGI SETIAP ORANG YANG PERCAYA KEPADANYA.

L         :   Dialah yang menyelamatkan dan yang memanggil kita dengan panggilan yang kudus. Karena itu, marilah kita bersukacita, kita mashyurkan namaNya dengan arbab dan serunai, dan segala bernafas akan memuji Tuhan. Kita nyanyikan “ Kasih Allah dari Surga”

J          : (menyanyikan) BN. No. 102:1-3 “Ya Roh Kudus Kau Datanglah”

Ya Roh Kudus Kau datanglah, sinar surgawi yang terang penuhi hati kami. Ya sinar kasih yang terang sinari hati yang kelam Penghibur hati kami. Ajar kami melakukan penghayatan Firman Tuhan Brilah kami ketekunan.

Kau yang membrikan hikmat trang menolong umat beriman, teguhkan hati kami. Berikan kami sinarMu tuk membritakan FirmanMu, teguhkanlah umatMu. Brilah hikmat pengertian sukacita kesungguhan memuliakanMu ya Tuhan.

 ( elekton/musik,      berdiri )

Berikan kami kuatMu tekun mengikut langkahMu selama kami hidup. Berilah iman yang teguh meskipun harus menempuh berbagai pencobaan. Pimpin kami semuanya jemaatMu Kau tenangkan brilah kami kemenangan.


  1. VOTUM INTROITUS COLLECTA

L   :Di dalam nama Allah Bapa, dan nama AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan nama Roh Kudus yang menciptakan langit dan bumi, Amin. Demikianlah Firman Tuhan Allah: Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu, dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. RohKu akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya. haleluya

J    : (menyanyikan) HALELUYA, HALELUYA, HALELUYA

L   : Marilah kita berdoa! Ya Tuhan Allah Bapa kami! Engkau yang mengajar dan menerangi hati orang-orang percaya melalui Roh Kudus. Bukalah mata hati kami juga dengan RohMu, agar kehidupan kami sesuai dengan kehendakMu, dan kami penuh damai dan sukacita dalam Tuhan Yesus Kristus. Amin.                                     ———-duduk——

  1. Nyanyian BN.No.104:6-7 “Masuklah di Hatiku” BL. 155

Curahkanlah kasihMu ke dalam hatiku. Arahkanlah tuturku pada saudaraku. Jauhkanlah dendam sengketa permusuhan ciptakan perdamaian jauhkan yang jahat.               

Penuhi hati kami teguhkanlah iman. Engkau yang memberkati harta kehidupan. Jauhkan yang jahat yang menggoda umatMu dan juga meresahkan jiwa roh umatMu.


  1. HUKUM TUHAN:

L         : Dengarkanlah  Hukum Tuhan yang tertulis dalam Galatia 5:22 “Tapi buah u  Roh 1  ialah: kasih, v  sukacita, damai sejahtera, w  kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. x  Tidak ada hukum y  yang menentang hal-hal itu.”.  Marilah kita meminta kekuatan dari Tuhan untuk melakukan hukumNya

L+J     :   Ya Tuhan Allah, kuatkanlah kami untuk melakukan yang sesuai dengan hukumMu, Amin.       

  1. Nyanyian BN.No.465:3-4Tuhanku BerkatMu Limpah” BL. 311

Lihatlah cemar diriku sucikanlah hatiku. Hanya Kaulah harapanku membebaskan hidupku. Akupun aku pun bebaskanlah hidupku.

                                ( berdiri )

Bimbing aku dengan rohMu sempurnakan hidupku. Bri padaku hidup baru di naungan kasihMu. Aku pun aku pun di naungan kasihMu.


  1. PENGAMPUNAN DOSA

L         :   Marilah kita mengaku dosa, kita berdoa. Ya Tuhan Allah yang Mahakasih. Pada pesta peringatan hari turunnya Roh Kudus saat ini, kami datang di hadapanMu mengaku dosa kami. Tuhan telah menyatakan kepada kami, bahwa Engkau menerima setiap orang yang bercaya kepadaMu dari seluruh bangsa. Namun sikap dan turur kata kami kadang membuat orang lain terhalang datang kepadaMu.

J          :   Dalam relasi dengan sesama, terkadang juga kami  merasa bahwa kami-lah yang paling benar di hadapanMu, sehingga kami anggap remeh terhadap orang lain.

L         :   Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin cepat informasi beredar, cepat pula berita hoax yang beredar, yang menimbulkan sikap saling curiga dan merusak persekutuan di tengah keluarga dan masyarakat maupun gereja, dan terkadang kami terbawa untuk membaca dan menyebarkannya.

J         :   Kasihanilah kami ya Tuhan, terangi hati dan pikiran kami agar kami menjadi saksi kebenaranMu.

L         :  Oleh sebab itu kami memohon kepadaMu, jauhkanlah kami dari segala murka dan hukumMu. Ampunilah dosa dan kejahatan kami, agar kami beroleh hidup di dalam kasihMu. Karuniakanlah kami kekuatan, agar kami tetap kuat dan kokoh di dalam AnakMu Yesus Kristus Tuhan kami, Amin.

( Hening—–elekton….BN. No.172/ BL. 143 )

Janji Tuhan tentang pengampunan dosa:

Siapakah yang menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah yang membenarkan mereka. Siapakah yang akan menghukum mereka? Kristus Yesus yang telah mati, bahkan lebih lagi: Yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita..  Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Mahatinggi!

L+J     :   Amin.


  1. Nyanyian BN.No.109:2-3 “Turunlah Ya Roh Kudus” BL. 78

Roh Kudus nan mulia, lawat kami jemaatMu. Ajar dan kuatkanlah kami taat kepadaMu. Agar kami sungguh bebas, dari dosa dan kuasanya.

Roh Kudus terangilah, manusia seluruhnya. Agar semua menyembah, Yesus Sang Jurus’lamatnya. Agar semua manusia, jadi warga k’rajaanNya..  


EPISTEL:

L         :   Firman Tuhan yang ditetapkan pada hari peringatan Turunnya Roh Kudus hari ini, tertulis dalam Kolose 3:5-11: Karena itu matikanlah  dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi,  yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan,  yang sama dengan penyembahan berhala

J          :   semuanya itu mendatangkan murka Allah  (atas orang-orang durhaka).

L         :   Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup  di dalamnya.

J          :   Tetapi sekarang, buanglah  semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah  dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

L         :  Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama  serta kelakuannya

J         :   dan telah mengenakan manusia baru  yang terus-menerus diperbaharui  untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

L         :   dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi,  orang bersunat atau orang tak bersunat,  orang Barbar atau orang Sakit, budak atau orang merdeka,  tetapi Kristus adalah semua  dan di dalam segala sesuatu.    Demikian Firman Tuhan.  Berbahagialah orang yang mendengarkan Firman Allah serta memeliharanya, Amin.


  1. Nyanyian BN. No. 461:1,3Datang dan Penuhilah” BL. 407

Datang dan penuhilah hidupku Ya Roh Kudus, Roh Tuhanku. Ukirlah FirmanMu di hatiku, Ya Roh Kudus Roh Tuhanku. Ku merindukan kehadiranMu agar hatiku tenang dan teduh. Curahkanlah api Roh KudusMu ya Roh Kudus Roh Tuhanku.

(jemaat berdiri)

Berikan FirmanMu senjataku Ya Tuhanku Maha Besar. Kan ‘kutaklukkan s’mua musuhMu Ya Tuhanku Maha Besar. Memberitakan FirmanMu slalu orang sesat perlu dis’lamatkan. T’rima mereka dengan kasihMu Ya Tuhanku Maha Besar


  1. PENGAKUAN IMAN

L           :  Marilah kita mengaku iman kita, sebagaimana teman-teman seiman di seluruh dunia. Kita bersama-sama mengucapkannya.

L &J     :  Aku Percaya kepada Allah…….dst……..Amin.-


  1. KOOR :

  1. WARTA JEMAAT:

  1. KOOR :

  1. Nyanyian BN. No.108 : 1..dst  “Buatlah Gapura” BL. 203 (Peresembahan Ia,Ib)

Buatlah gapura dan hiasan bunga korban bagiNya. Inilah saatnya hari Pentakosta Hari yang besar. Roh Penghibur t’lah datang dari Bapa dan AnakNya bagi jemaatNya.

Sambutlah meriah rahmat dan kasihNya bagi umatNya. Dengan kehadiranNya tiada lagi dukacita siksa dan derita.

Roh Kudus Penghibur meterai yang luhur bagi umatMu. Tuhan Yesus Kristus datanglah padaku bimbing hambaMu. Kuatkanlah langkahku di dalam perjalananku sampai ke rumahMu.


  1. KOTBAH; Roma 8:9-11

  1. Nyanyian BN.No. 476:…dst “Aku Bukanlah Milikku” (Persembahan untuk Pengmas HKBP)

Aku bukanlah milikku, Yesuslah pemiliknya Tuhan Yesus Penebusku, ‘ku setia pada-Nya Ref. ‘Ku bukan pemilikku, Yesus Jurus’lamatku, Pemilikku Dan selama aku hidup, Yesuslah pemilikku

Bukan aku tapi Yesus memiliki diriku Seluruhnya ‘ku    serahkan pada Yesus Tuhanku                 Ref. ‘Ku bukan pemilikku, Yesus Jurus’lamatku, Pemilikku Dan selama aku hidup, Yesuslah pemilikku           

Harta dan pekerjaanku, memuliakan nama-Mu Tercurah darah kudus-Mu, sungguh besar kasih-Mu Ref. ‘Ku bukan pemilikku,……..

 Di tangan-Mu ya Tuhanku, sudah ada namaku ‘Ku ‘kan memuliakan   nama-Mu,           s’lama ada nafasku Ref. ‘Ku bukan pemilikku, Yesus Jurus’lamatku,                Pemilikku Dan selama aku hidup, Yesuslah pemilikku


  1.  PENUTUP: Doa Persembahan, Pentakosta, Doa Bapa kami, dan Berkat

Demikian Rangkaian Ibadah Minggu dalam Memperingati “Hari Turunnya Roh Kudus” Acara Se-HKBP Distrik VIII DKI Jakarta

 

HKBP Kramatjati
Posted in hasasaor tondi parbadia, Kebaktian MingguTagged ,

One thought on “Tata Ibadah Dalam Rangka Memperingati Hari Turunnya Roh Kudus Tahun 2019

Tinggalkan Balasan