Renungan Sabtu 21 Maret 2020

IA MENYEGARKAN JIWAMU

Renungan Sabtu 21 Maret 2020

Marilah menggunakan waktu sejenak di hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Agar kita yakin dan percaya bahwa Tuhan akan melepaskan kita dan dunia ini dari pergumulan berat ini;

Sabtu, 21/03/2020


Mazmur 23:3 (TB) : Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Psalms 23:3 (RWV) He restoreth my soul: ‘He leadeth me in the paths of righteousness for his name’s sake’


Mazmur 23 adalah salah satu nyanyian paling indah dari 150 pasal kitab Mazmur. Tidak heran jika banyak orang menghapalkan satu pasal ini, atau menggubahnya lewat nyanyian merdu karena isinya indah dan sungguh menggetarkan hati. Benar bahwa Tuhanlah gembala yang baik dan takkan kekurangan orang yang digembalakan Tuhan.
Satu kalimat yang mengumumkan, Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Tuhan mencukupkan segala kebutuhan kita.

Dalam ayat 2 disebutkan bagaiaman Tuhan akan membimbing ke Padang rumput yang hijau. Dalam ayat ini kita menerima suatu energi yang besar yaitu, Tuhan menyegarkan jiwa. Bagaimana kita menerima kesegaran! Tentu dengan air yang segar.
Ia membimbing aku ke air yang tenang. Suatu pengakuan dari Daud atas segala kebaikan Tuhan, bersama Tuhan tak ada kekurangan apapun.

Di Timur tengah, tanahnya begitu gersang, kering dan tandus sangat minus sumber air. Sumber mata air adalah paling menentukan. Setiap kampung biasanya ada satu sumber mata air atau sumur yang dapat memberikan stok air bagi masyarakat dan ternaknya. Jika kekeringan berkepanjangan tiba maka tak jarang orang ke luar mencari oase-oase atau sumber mata-mata air yang baru yang dapat mereka ambil. Sungguh alangkah bahagianya jika mereka menemukan sumber mata air. Gambaran sukacita mengatasi kehausan seperti itulah yang akan dinikmati oleh orang yang mau digembalakan Tuhan. Tuhan akan membimbing orang-orang yang dikasihinya menikmati air yang tenang. Tuhan menjamin dan mencukupkan kebutuhan air bagi mereka yang percaya kepadaNya. Yesuslah sumber air kehidupan bagi kita. Yohanes 4:14 (TB) “tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”


Sahabat yang baik hati! Tentu masih banyak lagi jaminan dan pemeliharaan Tuhan atas hidup orang yang dikasihiNya yang digambarkan dalam Mazmur 23 ini, bahkan sekalipun sudah berjalan di alam maut, namun Tuhan memelihara. Menjadikan Tuhan sebagai gembala berarti menyerahkan totalitas hidup kita di dalam tanganNya. Percaya dan ikut saja apa yang disampaikan oleh Gembala yang Baik, semuanya akan diberikannya kepada kita dengan hidup berkelimpahan. Domba yang baik akan mendengar dan melakukan suara Sang Gembala.


Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengannm melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Pendeta HKBP Kramat Jati
Pdt. Samuel Sitompul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.